Cara Memandikan Kucing Persia Anggora

 Cara Memandikan Kucing Persia Anggora- Untuk perawaan kebersihan si kucing persia atau jenis anggora anda, perlu dimandikan setidaknya dalam 2 minggu 1 kali. Ini dia persiapan dan cara memandikannya, silakan di coba ya.
Cara Memandikan Kucing Persia Anggora


Persiapan alat dan bahan untuk memandikan kucing

1. Air yang dingin ataupun hangat.
2. Handuk bersih
3. Sikat gigi
4. Pengering rambut (hairdryer/blower)
5. Sisir kucing persia yang bertipe sikat (brush comb)
6. Shampoo obat ( shampoo anti kutu, anti jamur atau anti bakteri)

Cara memandikan kucing

Cara memandikan kucing yang pertama adalah sebelum dilakukan proses memandikan, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan dahulu ke bagian-bagian yang sakit di seluruh tubuh si kucing anggora. Adakalanya jamur menyerang pada daerah bagian dagu, ketiak, lipatan paha, telapak kaki, ekor dan pangkal ekor. Tungau Scabies paling ser.ing menyerang bagian telinga luar dan ujung-ujung telingan bagian dalam. Kutu pinjal  sering menyerang bagian atas kepala, dagu, ketiak dan lipatan paha. Ingat-ingatlah bagian yang sakit tersebut, karena harus terkena shampoo dan disikat pada saat dimandikan.
Basahilah seluruh tubuh kucing persia dengan air dingin/hangat (air hangat lebih baik. kucing kecil sebaiknya dimandikan dengan air hangat). Pastika.nlah air membasahi seluruh bulu sampai ke kulit. Pengobatan tidak ak.an efektif bila air dan shampoo tidak mencapai kulit.  Pada kucing dengan bulu panjang dan tebal lebih mudah disemprot menggunakan air bertekanan tinggi.
Ratakan shampoo keseluruh tubuh sambil dipijat/disisir menggunakan jari. Hati-hati pada saat memberikan shampoo pa.da daerah sekitar mata dan hidung (wajah). Usahakan shampoo ti.dak masuk ke mata. Setelah merata, sikat  dan bersihkan bagian-bagian yang sakit dengan sikat gigi. Hati-hati bila menyikat bagian yang luka. Pastikan shampoo berada di tubuh selama 5-7 menit agar kutu, jamur dan bakteri  penyebab penyakit mati terkena shampoo obat.

Tahap Akhir Memandikan Kucing Anggora anda

Bilas seluruh tubuh kucing dengan air hingga bersih. Periksa ke.mbali bagian-bagian yang sakit. Pemberian shampo diulan.g sekali lagi, sambil membersihkan/menyikat kembali bagian-bagian yang sakit. Ratakan shampoo dan biarkan kembali 5-7 menit, kemudian dibilas sampai bersih.
Keringkan kucing dengan handuk, kemudian keringkan kucing dengan pengering rambut (hairdryer/blower) sambil disisir. Penyisiran biasanya dilakukan ketika bulu me.ndekati kering, bertujuan menghilangkan rambut yang rontok dan mempercepat pengeringan rambut.
Pastikan bulu d.an seluruh tubuh kucing kering sampai ke kulit, terutama di daerah dengan bulu tebal dan yang agak sulit seperti daerah perut, kaki belakang, daerah diant.ara kaki belakang, pangkal ekor dan telapak kaki.
Pengeringan yan.g tidak sempurna akan membuat lingkungan dan kelembaban yang cocok bagi tumbuhnya penyakit jamur.
Itulah tadi artikel panduan Cara Memandikan Kucing Persia Anggora anda, silakan anda mempraktekkanya, dan jangan lupa membaca artiel kami sebelumnya yaitu, Cara memotong Kuku Kucing (2) .

0 Comment "Cara Memandikan Kucing Persia Anggora"