Panduan Cara Memotong Kuku Kucing

Panduan Cara Memotong Kuku Kucing- Ini adalah termasuk dalam kategori grooming, perawatan kebersihan untuk kucing persia ataupun anggora kesayangan anda sekalian.
Panduan Cara Memotong Kuku Kucing

Anatomi kuku kucing

Kucing persia mempunyai kuku yang bisa dibilang unik. Tidak seperti anjing, kuku kucing anggora dapat ditarik keluar dan ke dalam. Dalam keada.an normal kuku kucing tertarik ke dalam dan tersembunyi. Bila kucing  seda.ng marah atau mencakar, barulah kukunya dikeluarkan.
Manusia yang mempunyai jaringan daging  yang berada di bawah kuku. Dalam bahasa Inggris jaringan ini disebut quick. Kucing juga mempunyai jaringan ini, hanya letaknya sedikit berbeda dari manusia. Jaringan ini berwarna merah muda, berbeda dengan warna kuku yang berwarna putih transparan.

Batas Potongan Kuku Kucing

Letak dan bata.s jaringan daging  ini harus diperhatikan agar tidak terjadi ter potong pada saat menggunting kuku kucing persia anda. jika bilamana terpotong, akan muncul darah dari jaringan yang terluka dan kucing akan merasa kesakitan.

Alat & bahan memotong kuku kucing persia

gunting kuku adalah alat utama yang diperlukan bila ingin memotong kuku kucing persia. Banyak model dan jenis gunting kuku khusus hewan kesayangan yang dijual di petshop-petshop. Gunting kuku yang sering dipergunak.an sehari-hari untuk memotong kuku orang juga bisa digunakan. Pastikan gunting kuku yang akan digunakan benar-benar tajam. Karena jika kurang tajam, bentuk potongan kuku kucing kurang bagus, bahkan kadang-kadang kukunya bisa pecah.
Berikut.nya bisa juga disediakan serbuk perak nitrat  atau PK (baca : peka)/Kalium permanganat/KMnO4. Serbuk PK berwarna merah-ungu, bisa dibeli di apotik-apotik. Serbuk PK dan perak nitrat ini berguna untuk mempercepat berhentinya perdarahan bila daerah quick terpotong.
Serbuk-serbuk di a.tas dapat ditaburkan/ditempelkan ke bagian kuku yang terluka, agar perdarahan segera berhenti. Bila serbuk-serbuk tersebut tidak tersedia, perdarahan pada kuku dapat dikurangi dengan cara menekan daerah sekitar kuku. Normalnya perdarahan akan berhenti kurang lebih dalam waktu 5 menit.

tipe guillotine
  
tipe gunting

gunting kuku manusia

SDan pendapat saya pribadi akan cenderung menyukai tipe gunting, karena mudah digunakan. Gunting kuku manusia juga bisa digunakan, tapi sebaiknya menggunakan yang khusus untuk kucing. Gunting kuku manusia kadang menyeba.bkan kuku yang terpotong sedikit pecah. (drh. Neno WS)
 Demikianlah pembahasan mengenai Panduan Cara Memotong Kuku Kucing Persia Anggora kesayangan anda. Silakan anda membaca juga pembahasan kami Cara Memberi Obat Tetes Pada Kucing .

0 Comment "Panduan Cara Memotong Kuku Kucing"