Virus Toxoplasma Pada Kucing Persia Anggora

Virus Toxoplasma Pada Kucing Persia Anggora.Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai virus toxoplasma pada kucing. 3 bentuk Toxo yang ada dalam siklus hidup toxoplasma, telah memegang peranan sangat krusial dalam proses terjadinya infeksi dan penyebaran Toxoplasma. Yaitu Ookista (Oocyst), Bradizoit (Bradyzoite) dan Takizoit (Tachyzoite). Sebagian besar Toxoplasma berada dalam ke3 bentuk ini. Ookista telah teradaptasi untuk penyebaran toxoplasma di Usus kucing dan lingkungan, sementara bradizoit dan takizoit adalah bentuk toxoplasma yang terdapat dalam tubuh sebagian besar hewan dan juga human atau manusia. Untuk lebih jelas perhatikan gambar berikut.

Virus Toxoplasma Pada Kucing Persia Anggora


Seperti juga sebagian besar protozoa, Toxoplasma dapat berkembang biak melalui 2 cara, yaitu cara seksual (gametogoni) dan akseksual (endodyogeni). Aseksual artinya, toxoplasma berkembang biak dengan sebuah cara yaitu membelah diri. Sedangkan Fase berkembang biak secara seksual hanya terjadi di organ dalam kucing yaitu ususnya.
Toxoplasma yang terdapat dalam usus kucing berkembang dan menghasilkan dua sel kelamin berupa makrogamet dan mikrogamet. Kedua sel gamet tersebut melakukan penggabungan inti sel (pembuahan) dan menghasilkan sporogoni yang kemudian di keluarkan melalui feces kucing. Dalam waktu 24 jam Sporogoni yag berada di lingkungan berkembang menjadi bentuk infektif Ookista.
Ookista bisa tahan hingga 6 - 12 bulan di tanah/lingkungan yang lembab dan terlindung dari sinar matahari. Ookista yang tertelan oleh inang antara (tikus, ayam, kambing,domba,sapi,anjing,dll) kemudian berkembang menjadi Takizoit atau bradizoit dalam sel/jaringan.
Carnivora seperti kucing, anjing, dan manusia juga dapat tertular toxoplasma ini,jika ia memakan daging yang telah terdapat Takizoit atau bradizoit yang masih dalam keadaan aktif/hidup. Ookista hanya bisa dihasilkan di usus kucing. Ookista akan segera berkembang 18 hari setelah masuk ke dalam tubuh inang. Inang ini merupakan semua mahluk/hewan berdarah panas termasuk manusia dan kucing.
Bradizoit dan Takizoit hanya bisa dihasilkan oleh toxoplasma yang hidup di jaringan/daging. Takizoit akan mulai berkembang 19 hari setelah manusia/hewan memakan jaringan/daging yang mengandung Takizoit. Sedangkan Bradizoit lebih cepat.
Bradizoit mulai berkembang dalam waktu 3-10 hari sejak manusia/hewan memakan jaringan/daging yang mengandung bradizoit. Beberapa artikel Toxoplasma yang akan datang khusus membahas mengenai ketiga bentuk toxoplasma di atas. Ketiga bentuk toxoplasma tersebut sangat penting karena memang ketiganya memegang kunci dalam penyebaran toxoplasma. (oleh : drh. Neno Waluyo S)
 Nah itulah dia artikel mengenai Virus Toxoplasma Pada Kucing Persia Anggora. Baca juga Pola Warna Tortie dan Torbie Pada Kucing Persia Anggora.

0 Comment "Virus Toxoplasma Pada Kucing Persia Anggora"