Cara Menyikat Gigi Kucing Persia Anggora Anda

Cara Menyikat Gigi Kucing Persia Anggora Anda- Jika anda memiliki kucing persia atau anggora, tentunya harus dibersihkan pula giginya, hal ini termasuk dalam perawatan untuk si kucing cantik yang anda miliki tersebut. Di bawah ini petunjuk cara melakukan sikat gigi pada kucing persia anda.
Cara Menyikat Gigi Kucing Persia Anggora Anda

  1. Lakukan pemilihan waktu & tempat yang tepat
    Carilah waktu & tempat rutin dimana anda dan kucing persia / anggora yang anda pelihara merasa tenang dan nyaman untuk melakukan ritual pembersihan gigi.
  2. Siapkan alat & bahan
    Yang paling utama ialah pasta gigi/gel yang digunakan untuk membersihkan gigi si kucing. Pasta gigi/gel ini bisa didapat di petshop-petshop, cari yang tidak pedas/rasa mint yang tidak berlebihan dan aman bila ditelan. Lebih baik lagi pasta gigi dengan rasa makanan. Sikat gigi untuk kucing bermacam-macam jenis dan merknya mulai dari yang ditempelkan di ujung jari hingga yang terdiri dari 3 sisi sikat (bisa menyikat permukaan gigi bagian luar, dalam dan atas sekaligus). Menggunakan lap/kain kasar yang dijahit/dibentuk agar menyerupai "sarung" untuk jari telunjuk pun cukup.
    sikat gigi model jari
    sikat gigi model jari
  3. Biasakan kucing dengan proses menyikat gigi .
    Tidak setiap kucing menikmati giginya dibersihkan, apalagi yang baru pertama kali dibersihkan. Kucing yang dari kecil sudah terbiasa giginya dibersihkan biasanya menikmati proses pembersihan ini. Bahkan mereka merasa tidak nyaman bila giginya tidak dibersihkan. biasakan mulutnya dibuka.
    Tekan ujung kedua sudut mulut dengan jari tengah dan jempol. Tangan satunya membuka/menarik ujung depan rahang bawah. Biasakan kucing dengan proses ini sekaligus membiasakan anda dengan teknik tersebut.
    Atau bisa juga dengan cara langsung membuka pipi dari samping, tanpa harus membuka rahang.
    biasakan pasta gigi/gel & sentuhan jari pada gigi/gusi.
    Oleskan pasta gigi/gel keseluruh permukaan gigi dan perbatasan gigi-gusi, sambil memijat-mijat bagian tersebut dengan jari.
    biasakan dengan sentuhan sikat gigi.
    Setelah terbiasa dengan pasta gigi/gel dan sentuhan jari pada gigi/gusi, lalu dapat diperkenalkan dengan sikat gigi. Setelah dioleskan pasta gigi/gel, sikat gigi dengan gerakan sirkular/memutar.
    Pada awalnya tidak perlu seluruh gigi disikat, cukup gigi taring dan 1-2 gigi disampingnya. Proses ini perlu dilakukan setiap hari agar terbiasa. Hari berikutnya, setelah lebih terbiasa jumlah gigi yang dibersihkan bisa ditambah hingga seluruh gigi bisa dibersihkan.
    sikat gigi kucing menyikat gigi kucing
    membersihkan dengan lap kasar
  4. Hentikan proses menyikat gigi ketika kucing masih menikmatinya. Setelah terbiasa diperlukan sekitar 30 detik untuk membersihkan gigi di bagian samping. Anda tidak perlu terlalu merisaukan kebersihan sisi gigi bagian dalam. Sekali-sekali bagian dalam memang perlu dibersihkan. Pembentukan karang gigi pada sisi bagian dalam jauh lebih lambat dari sisi luar.
  5. Hentikan segera proses pembersihan gigi bila kucing mulai terlihat stress. Bila dipaksa, berikutnya kucing akan lebih susah di kendalikan. Berikan penghargaan berupa pujian, belaian atau bahkan makanan kesukaannya bila kucing berlaku baik pada saat pembersihan gigi.
  6. Pada awalnya proses pembersihan gigi bisa membuat anda & kucing stress. Setelah terbiasa, proses tersebut menjadi hal yang menyenangkan. Selamat menyikat gigi !
     
    drh. Neno Waluyo S,2007

1 Response to "Cara Menyikat Gigi Kucing Persia Anggora Anda"

Anonim mengatakan...

nice inpo