Kucing Persia atau Anggora Muntah Bulu

Kucing Persia atau Anggora Muntah Bulu. Kadang kala kucing peliharaan kita muntah tapi yang keluar bukanlah makanan, akan tetapi bulu. Kucing persia adalah hewan yang sangat bersih. Saking bersihnya hingga mereka sering menjilati dan menyisir badan dan bulunya untuk menghilangkan kotoran. dan bulu yang rontok. Kegiatan ini sering juga dibilang sebagai grooming.
Kucing Persia atau Anggora Muntah Bulu

Pada lidah kucing terlihat memiliki bentuk seperti sisir, dipermukaanya terdapat duri-duri kasar yang bisa terlihat jelas bila dilihat dengan mikroskop. Pada saat grooming, bulu-bulu yang rontok tersangkut di lidah, ditelan dan masuk ke saluran pencernaan. Bulu-bulu ini melewati usus dan dikeluarkan melalui feces.
Bagaimanapun juga, bulu-bulu ini bisa saja menumpuk dan menggumpal di lambung atau usus, membentuk sebuah bola bulu yang sering disebut muntah bulu atau hairball. Hairball ini akan dikeluarkan lewat feces atau melalui muntah. Hairball jarang sekali menyebabkan mas.alah serius, tetapi hairball sering sekali terjadi pada kucing-kucing yang berbulu panjang. Apalagi bila kucing tersebut bulunya sedang rontok atau tidak disisir setiap hari.
Pada beberapa kejadian (jarang sekali terjadi), hairball menyumbat saluran pencernaan dan menyebabkan masalah/penya.kit. Hairball ini bisa saja menyumbat esofagu.s (saluran penghubung mulut & lambung), lambung, usus kecil atau usus besar. Bila tidak segera diobati, masalah ini dapat berakibat fatal bagi kucing. Pada kasus-kasus parah, tindakan bedah diperlukan untuk mengeluarkan hairball yang menyumbat.
Segera hubungi dan konsultasikan dengan dokter hewan, bila anda mencurigai kucing kesayangan anda mengalami hairball.

Tanda-tanda muntah bulu atau hairball :

  • Batuk-batuk
  • Muntah. pada muntahan biasanya terlihat adanya gumpalan bulu. Gumpalan bulu bisa berbentuk seperti bola kecil  ata.u agak panjang seperti feces. Untuk meyakinkan gunakan ranting atau tongkat kecil dan tekan gumpalan tersebut. Bila feces biasanya lunak, sedangkan hairball agak kenyal dan terasa seperti ada serabut/rambut. Ukuran hairball bervariasi m.ulai dari sebesar kelingk.ing bayi hingga sebesar jempol orang dewasa. Bisa saja perlu beberapa kali muntah agar hairball bisa keluar semuanya. Pada beberapa kasus, hairball dapat menyebabkan muntah hingga 1 minggu. Muntah biasanya berhenti setelah seluruh hairball keluar.
  • Penurunan berat badan atau hilang nafsu makan. Hal ini bisa terjadi bila muntah berkepanjangan atau bila hairball tidak dap.at dikeluarkan melalui muntah atau feces.
  • Makan rumput/tanaman. Kadang-kadang kucing suka makan rumput atau tanaman dengan tujuan merangsang muntah sehingga hairball dapat keluar. Bisa juga serat-ser.at dari rumput bercampur dengan hairball, sehingga hairball dapat keluar lebih cepat melalui feces. Hati-hati dengan tanaman yang beracun bagi kucing.

Pengobatan Muntah Bulu hairball

Sebagian besar hairball dikeluarkan secara normal melalui feces atau muntah. Segera konsultasikan dengan dokter hewan bila kucing anda mengalami masalah hairball. secara teratur berikan kucing anda sedikit rumput khusus kucing (bila kucing menyukainya). Serat khusus untuk kucing atau laksatif (semacam pencahar) yang terbuat dari petrolatum/ lilin/vaselin khusus. Berbagai laksatif & obat-obatan yang bertujuan mengurangi akibat bur.uk hairball juga tersedia di petshop-petshop.
Pada beberapa kasus diperlukan tindakan bedah untuk mengeluarkan hairball. Berbagai penyakit menular juga menyebabkan muntah pada kucing. Selalu konsultasikan dengan dokter hewan bila kucing anda muntah.

Pencegahan muntah bulu hairball

Mandikan dan sisir kucing anda secara teratur, terutama pada musim panas/kemarau atau pada saat bulunya sedang rontok. Semakin banyak bulu ront.ok yang disisir, semakin sedikit bulu yang ditelan kucing dan semakin kecil resiko kucing anda terkena hairball.
Pemberian serat/rumput khusus kucing (dijual di petshop) secara teratur juga mengurangi resiko terjadinya hairball. selalu konsultasikan dengan dokter hewan sebelum memberikan berba.gai produk yang dapat mengatasi hairball.
pasta pencegah hairball bisa juga sekali-sekali diberikan untuk mencegah hairball, terutama ketika kucing sedang mengalami rontok bulu.
Makanan pencegah hairball. Berbagai merek makanan kucing juga sudah disertai anti hairball formula.

Komplikasi muntah bulu hair ball

hairball dalam waktu yang cukup lama akan dapat menyebabkan kucing jadi kurus dan beresiko tinggi mengalami gangguan pencernaan, seperti konstipasi dan megacolon
(oleh: drh. Neno WS)

0 Comment "Kucing Persia atau Anggora Muntah Bulu"