Penyakit Flu Pada Kucing Persia Anggora

Penyakit Flu Pada Kucing Persia Anggora- Adalah Penyakit flu kadang kala terjadi pada kucing persia kesayangan kita, terutama pada kucing anggora yang belum pernah mendapat vaksinasi dan hal ini gampang untuk terjadi proses penularanmu ke kucing yang lainnya. Penyakit ini jarang menyebabkan kematian pada kucing dewasa tetapi dapat berakibat fatal bila menyerang anak kucing. Meskipun pada kucing dewasa jarang berakibat fatal, gejala-gejala penyakit seperti pilek dan bersin-bersin dapat berlangsung cukup lama. Oleh karena itu pencegahan dengan vaksinasi rutin merupakan tindakan terbaik.

Penyakit Flu Pada Kucing Persia Anggora

Apakah Flu Kucing itu?

Flu kucing ialah suatu penyakit pada kucing (persia, anggora, atau jenis lain) yang biasanya disebabkan oleh adanya suatu infeksi 1 atau kombinasi dari berbagai virus (virus herpes dan virus calici) dan bakteri.

Bagaimana cara penularan Penyakit Flu Kucing  ini ?

Seperti juga penyakit flu yang terjadi pada manusia, flu kucing ini juga menyebar melalui air liur,cairan bersin/droplet yang telah mengandung virus. Droplet ini tersebar melalui bersin, kontak langsung atau tidak langsung melalui peralatan (tempat makanan, minuman, kandang,dll) yang tercemar virus. Kontak tidak langsung juga dapat terjadi melalui sentuhan manusia, oleh karena itu cucilah tangan dengan sabun/antiseptik setelah memegang kucing sakit agar tidak menulari kucing lain.

Masa inkubasi penyakit ini dapat mencapai 3 minggu, artinya kucing bisa saja tidak menunjukkan gejala sakit flu hingga 3 minggu sejak virus menyerang. Selama 3 minggu tersebut kucing bisa saja menyebarkan virus, meskipun tidak terlihat sakit.
  flu kucing  

Bagaimana tanda-tanda kucing terserang Flu ?

Gejala flu kucing mirip seperti flu pada manusia. Di awali dengan bersin-bersin bekelanjutan, demam, nafsu makan berkurang atau hilang sama sekali, lemah, lesu, diikuti dengan batuk, mata merah dan berair. Tanda-tanda penyakit biasanya mulai berkurang setelah 7 hari dan kembali ke kondisi semula dalam 2-3 minggu. Pada beberapa kasus, penyakit ini dapat menyebabkan semacam sariawan pada mulut dan menyebabkan kucing kesakitan bila makan.

Apakah Flu kucing menular pada manusia ?

Tidak. Virus flu pada kucing berbeda dengan virus flu yang menyerang manusia.

Apakah flu kucing dapat diobati ?

Sayangnya sampai dengan tempo ini, belum ada ditemukanlah sebuah obat untuk penyakit flu kucing persia ini. Segera temui dokter hewan bila gejala penyakit ini terjadi pada kucing Anda. Pemberian obat-obatan seperti antibiotik lebih bersifat mencegah infeksi sekunder yang disebabkan oleh bakteri. Obat-obat lain yang diberikan biasanya bertujuan untuk mengurangi gejala flu seperti menurunkan panas, melegakan pernafasan dan menghilangkan lendir saluran pernafasan yang berlebihan. Selebihnya sangat tergantung pada sistem kekebalan tubuh kucing itu sendiri.
Pada kucing dengan kondisi dan gizi yang bagus, penyakit flu ini akan sembuh sendiri dalam waktu 2-3 minggu. Meskipun kucing tidak mau makan, usahakan ada makanan yang masuk ke dalam tubuh dengan cara disuapi, agar kucing tersebut tetap mempunyai energi dan nutrisi yang baik untuk memerangi virus flu.

Apakah Kucing yang terserang Flu dapat kembali sehat ?

Biasanya kucing yang terserang flu kembali sehat dalam beberapa minggu. Pada beberapa kasus infeksi dan gejalanya berlangsung lebih lama, Kucing terlihat selalu bersin-bersin dan pilek selama beberapa bulan. Hal ini dapat menyebabkan kondisi kucing kurang baik dan mudah terserang penyakit lain.

Perlukah diberi vitamin atau suplemen ?

Vitamin dan suplemen dapat membantu meningkatkan kondisi dan sistem kekebalan tubuh kucing yang sedang sakit. Konsultasikan dengan dokter hewan vitamin/suplemen yang cocok beserta dosisnya.

Apakah Vaksinasi dapat menyembuhkan kucing yang sakit flu ?
Vaksinasi lebih bersifat pencegahan.Vaksinasi rutin tidak 100 % melindungi kucing dari penyakit. Pada kucing yang rutin divaksinasi, meskipun terserang flu biasanya tidak parah dan lebih cepat sembuh. (drh. Neno WS)

Referensi
Five Minutes Veterinary Consult
Vetstream Felis
The Merck Veterinary Manual 7th ed
 nah itulah tadi pembahasan ogud mengenai Penyakit Flu Pada Kucing Persia dan Anggora, silakan anda membaca juga soal Ternyata Bawang Beracun Bagi Kucing Persia Anggora .

4 Comments

Anonim mengatakan...

kaya manusia ya,si kucing persia kadang kena flu juga hehe

Anonim mengatakan...

bisa flu juga to? ha ha ha

Anonim mengatakan...

nice sharing

Unknown mengatakan...

Kucing saya selalu bersin bersin Dari kecil sekarang sudah berumur sekitar 3 tahun. Saya Kasi obat gak sembuh juga. Kira Kira itu disebabkan apa ya? Dan Cara mengatasinya bagaimana?