Cara Membasmi Cacingan Pada Kucing

Cara Membasmi Cacingan Pada Kucing.Kucing anda cacingan? Jika iya, maka perlu dibasmi,..cacingnya lho bukan kucingnya wkwkwkwk...... Supaya dapat dengan tuntas membasmi cacing, maka dibutuhkanpengetahuan mengenai siklus hidup dari cacing dan cara kerja dari obat cacing. Cacing pita mempunyai siklus hidup dan cara penyebaran yang berbeda dengan cacing gelang. Lihat jga artikel cacing pita pada kucing dan cacing gelang

Cara Membasmi Cacingan Pada Kucing

Cara Kerja Obat Cacing

Pada sebagian besar obat cacing yang banyak beredar luas dipasaran,hanya dapat membasmi cacing dengan jalan merusak sistem syaraf cacing. Obat cacing tidak membasmi telur cacing. Oleh karena itu, pemberian obat cacing perlu diulang dalam jangka waktu tertentu agar cacing yang baru menetas dari telur dapat segera dibasmi sebelum menjadi dewasa dan menghasilkan telur cacing baru.

Jenis Obat Cacing Dan Targetnya

Obat cacing yang mengandung bahan aktif pyrantel, febendazole, mebendazole dan febantel hanya dapat merusak sistem syaraf cacing gelang. Obat-obat ini tida.k berpengaruh terhadap cacing pita. Obat lain yang sering digunakan untuk membasmi kutu (pinjal) dan tungau (scabies, demodex, dll) adalah suntikan ivermectin. Obat ini sering salah kaprah disebut “suntik jamur". ivermectin juga dapat digunakan untuk membasmi cacing gelang, tetapi tidak berpengaru terhadap cacing pita . Sedangkan cacing pita pada kucing hanya dapat dibasmi dengan obat yang mengandung prazyquantel atau dichlorphen.

Obat Cacing Yang Terdapat Di Pasaran

  • Combantrin (pfizer) : mengandung bahan pyrantel, hanya dapat membasmi cacing gelang, dapat dibeli di apotik
  • Vermox : mengandung bahan mebendazole, hanya dapat membasmi cacing gelang, dapat dibeli di apotik.
  • Drontal Cat (bayer): mengandung bahan pyrantel dan prazyquantel, Paling baik digunakan pada kucing, Dapat membasmi cacing pita dan cacing gelang, Bisa dibeli di petshop atau dokter hewan.
  • Drontal Plus (bayer) : mengandung bahan prazyquantel, pyrantel dan febantel. Biasa digunakan pada anjing, bisa juga diberikan pada kucing (dosis disesuaikan). Jangan diberikan pada kucing yang sedang hamil!. Febantel dapat menyebabkan cacat pada janin kucing.
Adalah secara umum, tidak dianjurkan. memberikan obat cacing pada kucing yang sedang bunting. Berikan obat cacing sebelum bunting/kawin atau sesudah melahirkan. Konsultasikan mengenai pemberian obat cacing ini dengan dokter hewan langganan anda.
Konsultasikan dosis masing-masing obat cacing pada dokter hewan terdekat. Hindari sedapat .mungkin memberikan obat cacing pada kucing bunting ( hamil). Pemberian obat cacing sebaiknya dilakukan sebekum kucing kawin atau setelah melahirkan.

Rekomendasi program rutin pemberian obat cacing (pencegahan)

2-4 kali setahun, setiap pemberian obat diulang dua minggu kemudian. Frekuensi pemberian tergantung kondisi kucing dan lingkungan. Kucing yang biasa bermain di kebun atau outdoor sebaiknya lebih sering diberi obat cacing.
 <2 mgg>   <3-6 bulan>     <2 mgg>     <3-6 bulan>

<      > selang waktu sebelum pemberian obat berikutnya
 = pemberian Drontal
 = pemberian Combantrin/Drontal
Selalu menjaga kebersihan litter (pasir kucing), ganti dengan yang bersih. Usahakan satu kucing satu kotak pasir.

Rekomendasi program membasmi cacing pita D. caninum (bila kucing positif terinfeksi)

Cacing pita D. caninum dapat menyebar melalui gigitan pinjal (lihat cacing pita). Oleh karena itu program pemberian obat cacing harus berjalan bersamaan dengan program pembasmian pinjal kucing. Obati semua kucing yang berada dalam satu ruangan (meskipun berbeda kandang), karena pinjal dapat pindah ke kucing lain yang berbeda kandang.
Pemberian obat cacing (drontal/prazyquantel) dilakukan bersamaan dengan obat anti kutu seperti frontline cat spot on (obat tetes) atau suntikan ivermectin. Dilakukan 2-3 kali berturut-turut dengan selang waktu 3-4 minggu.
<      > selang waktu sebelum pemberian obat berikutnya
 = pemberian frontline spot on dan drontal


  < 3-4 minggu>
 < 3-4 minggu>    
  kembali ke program rutin
Eradikasi pinjal & cacing pita
(drh. Neno WS)

Itu dia artikel dengan judul Cara Membasmi Cacingan Pada Kucing , simak juga  Ras Kucing Burmese

0 Comment "Cara Membasmi Cacingan Pada Kucing"