Tungau Telinga Pada Kucing


Tungau Telinga Pada Kucing. Kadang catlovers akan menemukan tungau pada kuping si kucing persia kesanyangan anda.Nah simaklah artikel ini untuk penanganannya ya.Ear mite/tungau telinga adalah sejenis kutu yang sering menyerang telinga kucing. Spesies tungau yang sering menyerang telinga kucing adalah Otodectes cynotis. Tungau  ini biasanya hidup dipermukaan saluran telinga tetapi bisa juga ditemukan di bagian tubuh yang lain.

Tungau Telinga Pada Kucing

Meskipun jarang, tungau ini dapat menyerang manusia dan menyebabkan rasa gatal.  Tungau telinga yang menyerang telinga kucing dalam jangka waktu lama (kronis), dapat menyebabkan gangguan telinga yang serius.

tungau kuping ini  bergerak dan hidup di dalam saluran telinga. Tungau ini  hidup dengan memakan jaringan yang mati dan cairan seperti lilin yang dikeluarkan oleh telinga. Tungau ini dapat menyebabkan iritasi dan berlanjut menjadi infeksi.

ear mite atau tungau telinga (kuping )

Iritasi dan infeksi yang berlangsung terus menerus dan berulang-ulang dapat menyebabkan kuit di saluran teinga menebal. Akibatnya saluran teinga menyempit sehingga fungsi pendengaran sedikit terganggu.
Biasanya tungau telinga tidak menyebabkan rusaknya gendang  telinga. Tetapi adanya infeksi sekunder yang disebabkan bakteri atau jamur dapat menyebab.kan kerusakan selaput gendang telinga. Bila ini terjadi, infeksi telinga bagian tengah yang parah dapat juga terjadi. Akibatnya hewan kehilangan keseimbangan,disorientasi dan gangguan syaraf lainnya.

Tanda-tanda kucing terserang ear mite tungau telinga

Menggoyang-goyangkan /menggeleng-gelengkan kepala.
Mencakar/menggaruk telinga sehingga terihat adanya luka atau kemerahan di sekitar telinga.
Kotoran telinga berwarna coklat tua kehitaman, kering menyerupai serbuk kopi. Kadang-kadang terihat kerak-kerak kering di sekitar. telinga  bagian dalam.
Ditemukan adanya ear mite.

Darimana kucing tertular Ear mite tungau telinga

Ear mite berpin.dah dari inang satu ke inang lain melalui kontak fisik. tungau telinga ini berasal dari hewan/kucing lain yang hidup bersama kucing anda. Karen.a ear mite mudah sekali menulai melalui kontak fisik, maka pengobatan ear mite harus dilakukan menyeluruh terhadap semua kucing yang hidup bersama di rumah anda.
Ear mite sangat menular di ant.ara anjing dan kucing. Ada beberapa spesies ear mite yang lebih suka menyerang anjing tetapi ada juga yang bisa menyerang keduanya. Anak kucing dapat tertular ear mite dari induknya
Ear mite juga dapat menyerang kelinci, hamster, marmut, gerbil, musang, mencit, tikus, dll. Meskipun kadang dapat menyebabkan sedikit rasa gatal pada kulit manusia, ear mite tidak menular & menyebabkan penyakit  kepada manusia.

Bahaya/akibat ear mite tungau telinga

Ear mite dalam telinga sangat m.engganggu, terasa gatal dan mengiritasi telinga. Lebih  lanjut dapat terjadi  infeksi. Infeksi telinga yang tidak segera ditangani dapat berlanjut menjadi berbagai penyakit serius, bahkan hilangnya kemampuan pendengaran. Ear mite juga kadang dapat hidup di bagian tubuh lain selain telinga dan menyebabkan penyakit kulit.

Manajemen pengobatan tungau telinga

Saat ini berbagai obat suntik dan obat tetes telinga untuk membasmi tungau telinga telah banyak tersedia. Obat suntik (hanya di Dokter hewan) biasanya merupakan golongan avermectin (ivermectin, selamectin, dll). Supaya siklus hidup tungau dapat dihentikan, pemberian obat-obatan suntik ini harus diulang dua minggu kemudian.
Berbagai merk  obat tetes telinga pembasmi ear mite dapat dibeli di petshop-petshop. Obat tetes ini harus terus menerus diberikan selama 2-4 minggu hingga semua ear mite terbasmi. Kekurangan obat tetes telinga adalah bila ear mite menyebar ke bagian tubuh lain, diperlukan obat lain untuk daerah tersebut.
Beberapa obat anti ektoparasit yang ditetes di punggung/pangkal leher juga dapat digunakan untuk membasmi ear mite. Contoh obat-obatan jenis ini adalah revolution (mengandung selamectin) frontline (mengandung fipronil). Tetap perlu diperhatikan waktu pemberian ulang obat-obatan tersebut tersebut agar siklus hidup ear mite dapat dihentikan.
Semua kucing atau hewan lain  (seperti kelinci, marmut, hamster, musang) yang hidup bersama atau kontak fisik dengan kucing juga harus diobati. Supaya tidak terjadi infeksi ulang dari hewan lain dan ear mite dapat benar-benar tuntas terbasmi. (drh. Neno WS)

contoh obat tetes telinga untuk penyakit ear mite tungau telinga/kuping ini

Simaklah juga Perihal Bulu Rontok Pada Kucing Persia Anda

0 Comment "Tungau Telinga Pada Kucing"