Panduan Cara Mengganti Makanan Kucing Anda

Jika anda merasa perlu mengganti makanan yang sudah biasanya dimakan oleh kucing anda, itu tidak boleh sembarangan saja, melainkan ada cara nya, agar tidak menimbulkan efek negatif.Pernahkah kucing anda mencret setelah pergantian jenis/merek makanan ? tentunya anda langsung menghakimi merek makanan tersebut kurang bagus, padahal harganya lebih mahal. Walaupun harga mahal tidak selalu berarti kualitas yang lebih baik, sebagian besar makanan berkualitas baik memang selalu lebih mahal.


Panduan Cara Mengganti Makanan Kucing Anda

Efek Negatif Dalam Mengganti Makanan Kucing

Lalu, kenapa si kucing dapat mencret ? padahal makanan kucing pengganti yang diberikan, berkualitas lebih baik daripada yang sebelumnya ? berikut ini penjelasan mengenai penyebabnya.
Di usus terdapat berbagai macam bakteri dan mikroorganisme yang tidak berbahaya dan berfungsi membantu mencerna makanan agar dapat diserap dan dimanfaatkan kucing. Bakteri-bakteri ini secara alamiah memang ada di usus dan sering disebut  Flora usus.
Setiap jenis/merek makanan kucing mempunyai komposisi nutrisi dan bahan utama yang berbeda. Perkembangan flora usus juga akan sesuai dengan bahan-bahan yang terdapat pada makanan. Beberapa jenis flora berkembang lebih banyak dan lebih efektif dalam mencerna nutrisi yang berasal dari jagung. Beberapa flora lain juga berkembang secara spesifik untuk mencerna protein yang berasal dari ayam. Semakin beragam komposisi makanan, semakin beragam juga jenis flora usus.
Bila kucing diberi  satu jenis makanan dalam jangka waktu lama, flora yang berkembang di usus juga menyesuaikan diri untuk mencerna makanan tersebut. Saat terjadi pergantian makanan secara tiba-tiba dan dalam volume yang tidak sedikit, flora usus tidak bisa langsung menyesuaikan diri dengan makanan yang baru dengan cepat. Akibatnya sebagain besar makanan tidak tercerna dan terjadilah mencret atau diare.
Berikut ini panduan mengganti makanan kucing , agar kucing terhindar dari gangguan pencernaan seperti diare.

Jadwal  Cara Mengganti Makanan Kucing

Hari 1 & 2
Hari 3 & 4
30 % makanan baru dicampur merata dengan 70 % makanan lama


makanan baru 50 % makanan lama 50 %
Hari 5 & 6
Hari 7
70 % makanan baru, 30 % makanan lama
100 % makanan baru

Panduan mengganti makanan kucing di atas bukanlah. patokan mutlak . 

Pergantian makanan bisa dipercepat bila Konsistensi feces tidak berubah/tidak mencret.
Kucing yang terbiasa dengan makanan yang bervariasi biasanya tidak bermasalah dengan perubahan makanan secara tiba-tiba.
Pada beberapa kucing .dengan saluran .pencernaan yang sensitif, pergantian makanan dilakukan dalam waktu yang lebih lama. Proporsi makanan baru pun bisa dinaikan sedikit demi sedi.kit agar flora usus kucing dapat menyesuaikan dengan makakan baru. (drh. Neno WS)

Nah itu tadi Panduan Cara Mengganti Makanan Kucing Anda, baca juga  Persiapan Membeli (adopsi) kucing Baru .

1 Response to "Panduan Cara Mengganti Makanan Kucing Anda"

Anonim mengatakan...

o gitu ya, ada caranya saat mau mengganti pakan kucing persia dan anggora ya? pantesan, good, bagus nih infonya, kalo main coon makannya banyak yah?