Tanda Kehamilan Kucing


Tanda Kehamilan Kucing-Anda ingin mengetahui tanda-tanda kucing yang sedang hamil? Nah silakan membaca artikel dibawah ini. Semoga bermanfaat bagi catlovers sekalian.
Kehamilan pada seekor kucing tentunya merupakan salah satu hal yang ditunggu-tunggu pemilik kucing (terutama jika anda adalah peternak, breeder kucing). Nah bagaimana caranya agar anda sebagai pemilik dapat  mengetahui seekor kucing itu sedang hamil ataukah tidak ? berikut ini penjabaran  mengenai beberapa ciri kucing yang hamil.
Penting sekali untuk selalu mencatat tanggal kucing kesayangan anda kawin. Dari tanggal kawin ini kita dapat memperkirakan waktu kelahiran kucing, sehingga kita dapat mempersiapkan diri mendapat tambahan kucing baru.

Kucing yang hamil  dapat mengalami perubahan fisik dan tingkah laku.

PERUBAHAN FISIK

Ada beberapa perubahan fisik yang dapat anda perhatikan pada kucing yang sedang dalam keadaan hamil, yaitu :

Bagian perut mulai membesar

Perut Kucing yang hamil mulai terlihat membesar pada usia kehamilannya mencapai lima minggu. Bagian perut ini akan terus membesar hingga mendekati saat melahirkan.

tanda kehamilan kucing

Puting susu memerah dan membesar (pink)

Salah satu tanda lain dari kehamilan yang cukup signifikan adalah berubahnya warna dari puting susunya. yaitu, jika sedang dalam. keadaan hamil, puting susu nya akan sedikit terlihat bengkak dan warnanya berubah kemerahan (pink)

Keluar susu

Pada kucing yang sedang dalam keadaan hamil,air susu nya mulai diproduksi dan bisa dikeluarkan sekitar 3-2 minggu akhir masa kehamilan. Jadi bila puting susu dipencet dengan lembut dan terlihat ada cairan susu, kelahiran akan terjadi sekitar 2-3 minggu lagi.

Bulu sekitar puting susu menipis

PERUBAHAN PADA TINGKAH LAKU

Mengalami Muntah-muntah

Pada beberapa kejadian. (jarang) kucing hamil juga muntah-muntah, seperti manusia pada awal kehamilan. Segera hubungi dan konsultasikan hal ini dengan dokter hewan

Berhentinya siklus birahi secara tiba-tiba

Siklus birahi (siklus estrus) kucing tergantung berbagai hal, salah satunya adalah musim. Di Indonesia yang merupakan negara tropis, siklus estrus kucing tidak. banyak  dipengaruhi oleh musim. Rata-rata panjang satu siklus estrus kucing sekitar 1-1.2 bulan. Waktu birahi (estrus) berlangsung sekitar 7 hari. Bila setelah dikawinkan, birahi kucing berhenti secara tiba-tiba dan tidak minta kawin lagi, kemungkinan besar kehamilan terjadi.

Peningkatan nafsu makan

Kucing yang hamil memperlihatkan adanya. peningkatan nafsu makan. Tentunya  peningkatan nafsu makan ini bertujuan memberikan nutrisi dan gizi yang cukup bagi perkembangan induk kucing  dan janinnya.

Akan Lebih lembut & mencari perhatian

Sebagian kucing yang hamil mengalami perubahan tingkah laku seperti lebih tenang dan lembut. Selain itu mereka juga berusaha mencari perhatian lebih terhadap pemiliknya. Pada akhir masa kehamilan terlihat beberapa tingkah laku seperti gelisah dan lebih suka berada di tempat hangat dan tertutup

MEMASTIKAN KEHAMILAN KUCING

Dokter hewan akan bisa membantu anda untuk memastikan hamil atau tidaknya seekor kucing. Orang yang berpengalaman dapat memastikan kehamilan dengan palpasi (perabaan) pada umur kehamilah 3-4 minggu.
Alat alat seperti USG (ultrasonografi) dan Rontgen (X ray) dapat dipergunakan. untuk memastikan kehamilan. Alat lain seperti doppler dapat digunakan untuk memastikan kehamilan setelah kandungan berumur minimal  3 minggu. Detak jantung janin kucing baru bisa dideteksi setelah berumur 3 minggu
 Demikianlah artikel mengenai tanda kehamilan kucing , semoga bermanfaat bagi anda catlovers sekalian.
Baca juga  Cara Memberi Makan Kucing

0 Comment "Tanda Kehamilan Kucing"