Keampuhan Vaksin Kucing Dipertanyakan

Keampuhan Vaksin Dipertanyakan. Vaksin itu perlu nga sih? pasti jawabnya perlu. Nah ada artikel nih soal vaksinasi pada kucing persia, anggora, dan jenis lainnya. Di simak baik- baik ya, agar menambah pengetahuan kita dalam memberika perawatan pada hewan piaraan kita ,yaitu kucing.
Akhir-akhir ini telah muncul terjadi kasus penyakit menular pada kucing yang telah di lakukan vaksinasi secara berkala. Adapun nama penyakit yang muncul tersebut adalah penyakit yang diharapkan tidak muncul setelah terjadinya proses vaksinasi. Feline Rhinotracheitis, Calicivirus dan Feline Panleukopenia ialah 3 penyakit menular pada kucing yang telah tersedia vaksinnya di Indonesia.
Kucing-kucing yang telah divaksinasi secara teratur , tentunya diharapkan  akan dapat terlindungi dari ketiga penyakit tersebut diatas. nah meskipun si kucing yang telah divaksinasi akan tetapi bida atau dapat terkena juga oleh salah 1 dari tiga penyakit yang telah disebutkan di atas, biasanya  relatif ringan dan tidak menyebabkan kematian.
Keampuhan Vaksin Kucing Dipertanyakan

Beberapa waktu lalu di Jakarta sempat berkembang salah satu dari ketiga penyakit di atas yang banyak menyebabkan kematian pada kucing yang sudah divaksinasi. Para pemilik kucing mulai mempertanyakan efektivitas dan daya perlindungan vaksin . Bahkan, hal ini menjadi masalah yang cukup ramai diperdebatkan di salah satu klub kucing Indonesia.

Vaksin kucing yang ada di Indonesia

Semua vaksin kucing yang beredar di Indonesia, berasal dari luar negeri. Saat ini ada tiga merk vaksin kucing resmi yang beredar di Indonesia, yaitu :
1. Leucorifelin, diproduksi oleh Merial (Eropa)
2. FeloGuard, diproduksi oleh Fort Dodge (Amerika)
3. Felocell 3, diproduksi oleh Pfizer (Amerika)
Ketiga vaksin di atas sama-sama memberikan perlindungan terhadap tiga penyakit menular pada kucing (tricat). Masing-masing vaksin mempunyai kelebihan tersendiri. Mereka terbuat dari strain virus yang berbeda.
Untuk mengetahui  vaksin yang disuntikkan pada kucing anda, perhatikan label pada buku/kartu vaksinasi yang diberikan dokter hewan pada setiap vaksinasi. Pada lebel tersebut tertera nama produk vaksin.

Vaksin, Kucing Dan Virus Penyebab Penyakit

Masalah vaksin, kekebalan tubuh dan penyakit merupakan hal yang kompleks. Muncul atau tidaknya penyakit pada kucing dipengaruhi banyak hal. Dari .hulu hingga ke hilir, dari produsen hingga ke dokter hewan, saat vaksinasi disuntikan ke kucing, banyak celah yang mungkin mengurangi efektivitas vaksin.

Dari produsen di luar negeri ke distributor di Indonesia

vaksin kucing harus disimpan pada suhu 2-7OC, bila tidak vaksin akan rusak. Penyuntikan vaksin rusak ibarat penyuntikan air. biasa, bagi kucing tidak. ada manfaatnya sama sekali. Setiap produsen dan distributor mempunyai. Standar Operating Procedure (SOP) transportasi vaksin yang baik dan ketat. Meskipun kecil, tetap saja kemungkinan vaksin rusak selama produksi atau transport dapat terjadi.

Dari distributor ke dokter hewan

Setiap proses teransportasi vaksin harus menggunakan pendingin. Vaksin harus tetap. berada dalam suhu 2-7OC hingga saat akan disuntikkan ke kucing. Kemungkinan vaksin rusak selama pengiriman dari distributor ke dokter hewan mungkin terjadi, apalagi bila jaraknya jauh dan suhu lingkungan cukup panas.
Di tempat dokter hewan, vaksin langsung masuk ke dalam lemari pendingin. Sampai saat vaksin disuntikkan ke kucing.

Saat vaksinasi

Tugas dokter hewan memastikan kucing yang akan divaksinasi dalam keadaan sehat. Seminggu sebelum vaksinasi sebaiknya kucing telah diberi obat cacing. Kucing yang kurang sehat dan cacing menyebabkan pembentukan kekebalan tubuh. setelah vaksinasi kurang sempurna, akibatnya perlindungan terhadap penyakit pun tidak sempurna. Selalu pastikan vaksin yang digunakan tidak kadaluarsa. Tanggal kadaluarsa terdapat di label vaksin yang akan ditempelkan dokter hewan anda di buku/kartu vaksinasi.
Beberapa penjual kucing atau breeder memvaksin kucing mereka sendiri tanpa pengawasan dokter hewan. Hal ini kurang .baik, mengingat tidak semua orang mempunyai kemampuan dan teknik menyuntik yang baik serta pengetahuan yang cuckup untuk menentukan kondisi da.n kesehatan kucing. Perhatikan tanda tangan dan atau stempel dokter hewan yang tertera pada buku vaksin. Bila hanya ada paraf tanpa nama dokter hewan, anda harus curiga kucing anda di vaksinasi oleh selain dokter hewan.

Kekebalan tubuh kucing

Reaksi kucing terhadap vaksin bervariasi. Semuanya tergantung kondisi dan kesehatan kucing itu sendiri. Beberapa kucing (sangat jarang) alergi terhadap vaksin. Hal ini dapat mempengaruhi e.fektivitas vaksin. Sayangnya di Indonesia belum ada alat/test kit untuk. mengetahui kualitas kekebalan /titer antibodi kucing. Hal ini diperlukan untuk mengetahui apakah antibodi yang terbentuk setelah vaksinasi, telah cukup untuk melindungi kucing dari penyakit.

Jadwal Vaksinasi

Ikuti jadwal vaksinasi yang direkomendasikan dokter hewan anda. Kucing umur kurang dari 6 bulan sebaiknya divaksinasi dua kali, setelah itu baru diulang tiap tahun. Pengulangan vaksinasi diperlukan agar kekebalan tubuh kucing tetap terjaga.

Virus penyebab penyakit

Virus adalah mahluk hidup. Seperti mikroorganisme lain (bakteri,jamur,dll), virus juga terus berkembang dan berevolusi. Virus juga mengalami mutasi yang menyebabkan mereka menjadi kurang berbahaya atau sebaliknya menjadi lebih ganas. Mutasi pada virus tergantung jenis virus itu sendiri. Contohnya, virus flu pada manusia termasuk jenis virus yang sering mengalami mutasi.
Bisa saja kekebalan tubuh kucing yang telah terbentuk dari vaksinasi, tidak mampu melawan strain virus baru yang memang telah bermutasi menjadi lebih ganas. (drh. Neno WS)

Itu tadi pembahasan mengenai Keampuhan Vaksin Kucing yang sedang dipertanyakan. Bukan berarti tidak ampuh lho, cuma ini ada sisi lain pembahasan mengenai hal itu. Silakan anda membaca juga  Pengetahuan Kehamilan Kucing

0 Comment "Keampuhan Vaksin Kucing Dipertanyakan"