Cara Memberi Makan Kucing

Cara Memberi makan kucing-Pada postingan kali ini kami akan membahas mengenai cara untuk memberikan makanan kepada kucing kesayangan kita secara benar, tentunya catlovers sekalian harus tahu dong, biar perawatannya lebih oke ! yu disimak.
Cara Memberi Makan Kucing

Paling tidak ada 2 macam cara atau metode dalam memberian makanan pada kucing persia (atau yang lain ),  cara itu adalah  :
  • Usahakan makanan agar selalu tersedia di piring makanan kucing kita. Jadi pada saat kucing ingin makan, makanan telah tersedia di tempatnya. Cara ini baik untuk kucing kecil (kitten) atau kucing yang masih dalam masa pertumbuhan. Hati-hati karena ada kecenderungan terjadinya kegemukan/obesitas/overweight.
  • Waktu pemberian makanan dilakukan dua atau tiga kali dalam kurun waktu sehari. Biasanya makanan diberikan pada pagi dan juga sore hari. Cara ini baik untuk kucing dewasa yang pola makannya sudah teratur. Perlu diperhatikan jumlah makanan yang diberikan, karena harus sesuai dengan kebutuhan sehari-hari.
    NB: air untuk minum kucing harus selalu tersedia setiap saat.

Kebutuhan nutrisi kucing

Diet kucing itu bersifat unik dan berbeda dengan anjing (jangan beri makan kucing dengan makanan untuk anjing/ dogfood). harus dipastikan pula, bahwa makanan yang anda berikan untuk kucing mempunyai jumlah vitamin dan nutrisi yang cukup. Tidaklah bijak jika anda para catlovers terpengaruh dengan harga yang murah, karena murah belum berarti baik.  Biasakan meneliti kandungan makanan, biasanya tercetak pada kemasan. Berikut ini beberapa acuan nutrisi yang perlu bagi kucing :
  • kandungan protein tinggi, minimal 25 %. Semakin tinggi kandungannya biasanya lebih baik.
  • Rendah lemak, efisiensi pencernaan lemak pada kucing sangat rendah.
  • pH rendah (derajat asam tinggi).
  • Magnesium rendah. Kandungan magnesium tinggi dapat menyebabkan gangguan pada saluran kencing.
  • Taurin
  • Asam arakidonat (arachidonic acid)
  • Vitamin & mineral ( Vit A, B12, Niacin, Thiamin)

Jenis makanan kucing : basah (kalengan) atau kering

  1. makanan kering (dry food)
    makanan kering biasanya baik bagi kucing. Pemberian makanan kering baik untuk kesehatan gigi, lebih tahan lama dan umumnya lebih bergizi karena mengandung banyak bahan gizi tambahan.
  2. makanan basah (kalengan/wet food)
    makanan basah/kalengan kurang baik diberikan. untuk jangka panjang. Makanan ini biasanya lebih berupa “junk food" bagi kucing.  Selain kurang baik bagi kesehatan gigi, karena sering menyebabkan timbulnya plak dan karang gigi dan kandungan nutrisi yang kurang lengkap. Kucing yang biasa diberi makanan basah biasanya agak susah berganti makanan terutama ke  jenis makanan kering.

Kebutuhan Makanan Berdasarkan Umur & Kondisi

1. Anak kucing umur < 1 tahun (kitten).

Anak kucing dapat mulai diberi makanan pada umur 3-4 minggu. Makanan yang diberikan biasanya direndam air hangat secukupnya, dihancurkan dan dihaluskan. Untuk pertama kali anak kucing masih perlu diajari, disuapi dengan pipet atau. anda dapat mengoleskan sebagian kecil makanan ke bagian mulutnya, kemudian dekatkan piring makanan untuk melihat apakah sudah mau. makan sendiri. Berikan makanan khusus untuk anak kucing (kitten) karena biasanya kandungan protein lebih tinggi dan banyak mengandung nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan.
Sampai dengan umur 2-3 bulan jumlah/proporsi air dalam makanan bisa dikurangi secara bertahap hingga kucing bisa makan, makanan kering sepenuhnya.

2.Kucing dewasa > 1 tahun (adult)

Kucing dewasa dengan berat sekitar 4-5 kg setidaknya membutuhkan energi dari makanan  sebesar 300 kalori. Berikan makanan dengan nutrisi  cukup dan seimbang, biasanya terdapat tulisan "Complete " atau “Balanced" pada kemasan makanan. Usahakan. kucing tidak fanatik/diberi makanan dengan merek yang sama terus menerus. Sekali-sekali perlu pergantian merek makanan agar. pencernaannya terlatih terhadap berbagai jenis makanan. Perhatikan juga pH dan kandungan mineral makanan agar terhindar dari gangguan saluran kencing.

3.Kucing bunting & menyusui

Pada saat hamil dan menyusui, induk kucing memerlukan makanan dengan  kandungan protein tinggi. Pada saat bunting biasanya. diberikan makanan untuk kitten karena kandungan. proteinnya lebih tinggi. Suplemen kalsium dapat diberikan pada induk yang menyusui anaknya.

Jumlah Makanan

Kucing dewasa yang memiliki berat kisaran 5 kg itu memerlukan energi makanan sekitar 300 kalori. Harap diperhatikan juga untuk kandungan kalori pada kemasan makanan, tentukan jumlah makanan agar mencukupi  kebutuhan kalori selama satu hari. kemudian bagi. jumlah tersebut sesuai dengan frekuensi pemberian makan (2 atau 3 kali sehari).
Sebagai patokan lain yang dapat digunakan, dihitung dari berat kucing. Biasanya setiap hari kucing makan sekitar 2 % dari berat badannya. so, bila berat kucing 5 kg, makanan yang diperlukan sekitar 2 % x 5 Kg yaitu sekitar 100 gr /hari.

Nah itu dia artikel mengenai Cara Memberi Makan Kucing Silakan baca juga Perlukah Imboost ?
 ?

2 Comments

Kursi Tiffany mengatakan...

Apakah menerima pesanan makanan kucing ini secara online?

Peps mengatakan...

Maaf, tidak bisa