Ras Kucing Burmese

Ras Kucing Burmese.Pengin tahu soal ras yang satu ini? Nah disimak ya mengenai penjelasan dari ras Unik dari Birma ini.Jarang kita temui kalo di indonesia tercinta ini, tapi tetap menarik untuk mempelajari ras kucing yang lain selain persia dan anggora.

Ras Kucing Burmese Sable

Sejarah Ras Kucing Burmese

Pada awal tahun 1930-an, adalah Dr. Joseph Thompson dari San Francisco melakukan impor seekor kucing berjenis kelamin betina dan mempunyai warna coklat tua dari Birma. Kucing tersebut bernama Wong Mau. Dan dikarenakan pada saat itu tidaklah ada kucing lainya dengan ras yang sama, Wong mau dikawinkan dengan kucing siam. Sebagian dari anak-anak Wong mau mempunyai karakteristik kucing siam, ini menunjukkan bahwa Wong mau bukanlah kucing Burmese murni, tetapi Tonkinese. Karena jika wong mau adalah burmese, semua anak-anaknya dengan kucing siam haruslah tonkinese (pola mink). Wong mau dikenal sebagai kucing tonkinese pertama.
Setelah beberapa lama generasi, mulai bermunculan anak kucing / kitten dengan 3 sifat warna berbeda dan stabil. Kucing-kucing ini didapatkan dengan cara  mengawinkan kucing berwarna mink dengan  mink lagi.
Ras burmese  dikenal di Amerika sejak tahun 1936 dan diakui oleh CFA adalah pada tahun 1947. Di saat itu hanya warna sable yang diakui, dan awal 1960-an mulai dihasilkan warna lain. Breeder di Inggris mengimpor Burmese pertama dari US pada tahun 1947 dan mulai diakui keberadaannya disana tahun 1952.

Karakteristik Burmese

 Apabila kita melhatnya  dari arah depan, bentuk kepala bulat dan melengkung kearah tengkorak. Di UK ras ini dimodifikasi sehingga tidak menyerupai Siamese dengan jarak kedua telinganya yang cukup jauh. Jika diperhatikan bentuk beberapa kepala Burmese bervariasi, ukuran telinga sedang, melebar pada bagian bawah dan ujungnya lancip. Mata bulat lebar dengan garis mata bagian atas mencirikan khas oriental. Warna mata kuning keemasan dengan bayangan kuning kehijauan, warna mata emas lebih disukai.
Badan berukuran sedang tetapi berat. Garis pungung rata, dada melengkung dan memperlihatkan perototan yang cukup baik. Kaki proposional dengan ukuran badan, ekor lurus dan panjangnya sedang, bagian pangkal tidak terlalu besar.
Bulu pendek, halus dan mengkilap dengan tekstur seperti satin. Untuk kepentingan kontes, GCCF menerima semua warna bulu, sedangkan CFA hanya mengakui 4 warna yaitu : sable (brown), champagne (chocolate), blue dan platinum (lilac). (drh. Neno WS)
 Ras Kucing Burmese Warna Platinum
Warna Platinum
Ras Kucing Burmese Warna Champagne
Warna Champagne
Nah itu dia penjelasan singkat mengenai salah satu kucing ras, dari jenis Burmese. Simak juga  Kolostrum Susu Penting Untuk Anak Kucing / Kitten

0 Comment "Ras Kucing Burmese"