Cara Membasmi Kutu/Pinjal Pada Kucing

Cara Membasmi Kutu/Pinjal Kucing -Kadang kala kucing kesayangan kita terkena kutu atau pinjal, hal yang cukup umum bukan? Nah mari disimak artikel mengenai cara ampuh, efektif dan efisien ini kawan. Pertama, pengetahuan mengenai siklus hidup kutu perlu kita ketahui dahulu agar mengerti cara membasmi pinjal dengan tuntas. Berdasarkan pola pada siklus hidupnya, kita akan bisa mengetahui bahwa tidak ada pengobatan atau cara membasmi pinjal yang hanya cukup dilakukan sekali saja.
Sebagian besar obat pembasmi pinjal hanya membunuh pinjal dewasa, tidak membunuh telurnya. Oleh karena itu bila pengobatan tidak diulang, telur yang menetas dan menjadi pinjal dewasa akan kembali menggigit kucing serta menelurkan kembali beberapa ratus telur pinjal.
Cara Membasmi Kutu/Pinjal Pada Kucing

Berikut ini adalah beberapa cara yang akan bisa dipraktekan untuk membasmi kutu atau pinjal :

Suntikan Ivermectin

Telah banyak orang yang memiliki pemikiran yang telah salah kaprah. menyebut suntikan ivermectin adalah suntikan anti jamur. Sebenarnya suntikan jenis ini tidak dapat membasmi jamur. Ivermectin dapat dipergunakan untuk membasmi cacing dan ektoparasit seperti kutu (pinjal, caplak dan tungau). Sepertihalnya obat lain, ivermectin hanya membunuh cacing/ kutu dewasa, tidak membunuh telurnya. Oleh karena itu diperlukan setidaknya 3 kali. suntikan ivermectin dengan jarak 3-4 minggu. Injeksi ivermectin harus dilakukan dengan hati-hati pada kucing umur. kurang dari 4 bulan *. Suntikan ivermectin tidak dianjurkan pada anak kucing berumur kurang dari 2 bulan, karena dapat menyebabkan keracunan dan mengganggu perkembangan ginjal.
Pemberian . obat-obatan apapun (termasuk ivermectin) untuk jangka panjang, sangat tidak dianjurkan. Oleh karena itu, idealnya ivermectin diberikan bila ditemukan kutu atau telur kutu atau bila disarankan dokter hewan anda.

Obat Tetes & Spray

Ada banyak obat tetes & spray. anti kutu yang di jual di petshop-petshop, seperti Accurate, Revolution dan Frontline. Perhatikan aturan pakai setiap obat, biasanya obat-obatan tersebut tidak dianjurkan digunakan pada kucing dibawah umur 2 bulan.
Obat tetes biasanya diteteskan di kulit pangkal kepala di bagian belakang, dimana kucing tidak bisa menjilat bagian tersebut. Obat tetes Frontline cukup efektif membasmi kutu/pinjal selama 1 bulan. Agar tuntas sebaiknya diulang 1 bulan kemudian.
Untuk melakukan upaya pencegahan (preventif), pemberian obat tetes bisa anda lakukan  2-3 kali dalam kurun waktu satu tahun.

Shampoo anti kutu 

Shampoo anti kutu cocok digunakan pada anak kucing berumur kurang dari dua bulan yang belum dapat diobati anti kutu lainnya. Beberapa catlovers pemilik kucing dewasa juga lebih menyukai tehnik ini karena selain dapat membasmi kutu/pinjal, juga membuat kucing lebih bersih. Pada saat memandikan, sebaiknya shampoo digunakan dua kali. Basahi rambut kucing secara merata, tambahkan shampoo secara merata, bersihkan dan bilas dengan air (air hangat). Lalu kemudian, langkah selanjutnya setelah clean,segera tambahkan kembali shampoo, lalu silakan  ratakan, biarkan + 5-10 menit baru kemudian dibersihkan. Setelah bersih keringkan dengan handuk dan hairdryer. Agar tuntas sebaiknya mandi shampoo anti kutu diulang dua minggu kemudian. Setelah itu, untuk tujuan pencegahan, pemberian shampoo dapat dilakukan 1 bulan sekali.
Pada kasus parah disertai komplikasi, diperlukan kombinasi beberapa cara sekaligus. Dan yang tidak kalah penting adalah membersihkan kandang, lantai dan tempat tidur kucing. Karena telur kutu bisa saja terdapat di sela-sela kandang, retakan lantai atau alas tidur kucing. (drh. Neno WS)

Referensi 

* Lewis DT, Merchant SR, Neer TM. Ivermectin toxicosis in a kitten. J Am Vet Med Assoc. 1994 Aug 15;205(4):584-6.

Itulah tadi artikel mengenai cara membasmi kutu/pinjal pada kucing . Baca juga Suara Kucing

0 Comment "Cara Membasmi Kutu/Pinjal Pada Kucing"