Kolostrum Susu Penting Untuk Anak Kucing (kitten)

Kolostrum Susu Penting Untk Kucing. Ini adalah zat spesial, yang ada dalam air susu induk kucing.Pada saat kelahian, maka sistem kekebalan (imun) tubuh anak kucing atau kitten (manusia atau hewan mamalia lain) belumlah berkembang secara sempurna. Kucing yang baru lahir adalah sangat rentan terhadap berbagai macam penyakit. Dan apabila terserang penyakit sedikit saja, maka kemungkinan besar kitten kucing tersebut bisa mengalami kematian. Dan untungnya alam telah menyediakan solusi untuk hal ini, memberikan perlindungan terhadap anak kucing (kitten) yang baru lahir melalui zat yang bernama Kolostrum.
Kolostrum Susu Penting Untuk Anak Kucing (kitten)

Kolostrum Pada Kucing

adalah susu yang pertama kali keluar (selama 24 Jam)  dari puting  susu induk setelah melahirkan anaknya. Kolostrum ini kental, berwarna putih tetapi lebih bening susu biasanya. Dalam Kolostrum terdapat protein antibodi, vitamin, elektrolit dan nutrisi dalam konsentrasi tinggi. Setelah 24 kolostrum tidak diproduksi lagi.
Anak kucing menyerap molekul antibodi  dari kolostrum melalui dinding usus dan masuk ke peredaran darah. Sistem pencernaan kucing yang baru lahir belum berfungsi sempurna, oleh karena itu molekul antibodi masuk begitu saja ke dalam peredaran darah. dua puluh empat jam setelah lahir, sistem pencernaan anak kucing mulai berkembang dan memecah setiap makanan menjadi  molekul yang lebih kecil.

Antibodi Kucing

adalah protein dengan molekul yang berukuran besar. Bila molekul tersebut dipecah di pencernaan, fungsinya sebagai zat kekebalan tubuh akan hilang. Oleh karena itu meskipun induk kucing terus memproduksi kolostrum setelah 24 jam pasca kelahiran, antibodi yang masuk ke pencernaan anak akan di pecah dan fungsinya sebagai antibodi akan hilang.
Jadi, segera susu-kan anak kucing yang baru lahir kepada induknya, agar mendapatkan antibodi melalui kolostrum. Baru kemudian kita tambah kekebalan tubuh anak kucing dengan vaksinasi pertama pada umur 2 bulan (9 minggu).
Sebaliknya antibodi yang terdapat dalam kolostrum malah bisa menjadi pembunuh anak kucing. Hal ini berhubungan dengan perbedaan golongan darah anak kucing dengan induknya. Informasi selengkapnya dapat dilihat di artikel Fading Kitten Syndrome.

Kekuatan Dan Masa Perlindungan Antibodi Dari Kolostrum

Jumlah zat antibodi dalam kolostrum  akan berkaitan dengan jumlah antibodi dalam darah induk kucing (menunjukkan kekuatan kekebalan induknya). Maka semakin banyak jumlah antibodi dalam darah induk semakin banyak pula yang terdapat dalam kolostrum.
Vaksinasi rutin dapat menjaga kekebalan induk pada tingkat yang cukup untuk melindunginya dari penyakit. Sebelum dikawinkan, pastikan calon induk kucing telah divaksinasi rutin. Jangan vaksinasi kucing yang sedang bunting karena berbahaya bagi anak kucing yang berada dalam rahim.
Antibodi dalam kolostrum disebut juga antibodi maternal. Antibodi maternal yang terdapat dalam darah anak kucing jumlahnya kan berkurang sedikit demi sedikit. Penurunan ini terjadi pada minggu ke 6-8. Pada umur 9 minggu  sebaiknya anak kucing divaksinasi agar mempunyai kekebalan aktif, mengingat kekebalan maternal dari induknya sudah banyak berkurang. Vaksinasi sebaiknya dilakukan dengan cara diulang satu bulan kemudian agar jumlah antibodi yang terbentuk cukup memadai. Setelah itu baru diulang setiap tahun.
Pastikan anak kucing mendapatkan susu dari induknya selama 48 jam pertama. Jangan lupa vaksinasi sesuai aturan agar dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat. (drh. Neno WS) .Semoga artikel kesehatan  Kolostrum Susu Penting Untuk Anak Kucing ( kitten ) ini bermanfaat bagi anda catlovers sekalian. Simak juga Kemapuhan Vaksin Kucing Dipertanyakan

0 Comment "Kolostrum Susu Penting Untuk Anak Kucing (kitten)"