Cara Mengatasi Kucing Mencret / Diare

Cara Mengatasi Kucing Mencret . Jika anda para catlovers sekalian mempunya hewan peliharaan berupa seekor kucing yang terkena mencret (diare) , pastilah ingin menyembuhkannya. Maka simaklah baik-baik artikel ini ya.Penanganan Kucing mencret/Diare.Diare bukan penyakit. Diare adalah gejala kucing diare, kucing mencret, diarrhea cat, mengatasi kucing diareakibat adanya gangguan pada saluran cerna (usus) yang ditandai perubahan konsistensi tinja (lebih encer) dan meningkatnya frekuensi BAB. Dan dalam hal ini hal terutama yang harus dilakukan adalah mencari tahu apakah yang menjadi penyebabnya. Kebanyakan diare pada kucing karena. infeksi virus, misalnya rotavirus dan adenovirus. Tidak ada obat diare selain oralit (khusus kucing, bisa dibeli di petshop) untuk mencegah. dehidrasi (kekurangan cairan tubuh). Bila diare disertai darah, periksa tinja, singkirkan kemungkinan amuba.

Cara Mengatasi Kucing Mencret diare
Umumnya, saat kucing sedang mencret/diare, akan membuat nafsu makannya akan berkurang. Anda dapat memberikan makanan secara sering-sering tapi sedikit saja. Bila kucing menderita diare kurang lebih hingga 1 minggu, disebut diare akut. Diare akut ini dapat disebabkan oleh adanya infeksi dan bukan infeksi. Penyebab kucing diare akibat infeksi adalah virus, bakteri, parasit, dan jamur. Sedangkan diare yang bukan infeksi disebabkan oleh malabsorbsi, dan alergi makanan, bahkan oleh obat.

Janganlah anda memberikan sebuah obat antidiare atau antimuntah. 

Diare dan muntah adalah mekanisme tubuh. untuk membuang virus, kuman, dan racun yang masuk ke usus. Usus diibaratkan saluran pembuangan kotoran, jika saluran ini disumbat maka kotoran pun akan balik dan semakin lama semakin menumpuk, penyakit pun akan berlangsung lebih lama.

Adapun yang menjadi prinsip utama penanganannya adalah mencegah dan menangani dehidrasi. Oleh karena itu bila kucing diare-muntah perhatikan tanda-tanda dehidrasi.

Dehidrasi ringan :
Mata kering, mulut kering, buang air kecil lebih sedikit atau jarang

Dehidrasi sedang-berat :
Mata cekung, tampak lemas, tampak sangat kehausan, semakin jarang buang air kecil, kulit kering.

Dehidrasi berat :
Tidak mau minum, tidak buang air kecil lebih dari delapan jam, ketika kulit dicubit sulit kembali seperti semula, sangat lemas sekali.

Segera bawa kucing ke dokter bila :

Diare disertai darah
Diare banyak sekali, warnanya menjadi pucat dan berair
Diare berlangsung lebih dari 1 minggu
Dehidrasi berat
Lemas dan sangat mengantuk

Silakan amati terlebih dahulu penyebab mencret atau diare , mungkin ada makanan yang tidak berkenan atau memang ada infeksi, tetapi tanpa obat sekalipun keesokan harinya sudah kembali normal tinjanya. Hindari pemberian makanan tertentu bila diare disebabkan oleh gangguan absorbsi makanan.


Obat utama pada mencret /diare adalah dengan melakukan pemberian cairan yang cukup dan oralit (cairan elektrolit). Tidak diperlukan obat antidiare dan antibiotik (apabila diare tidak disertai darah). Penggunaan obat adsorben seperti kaolin hanya mengubah. tampilan feses dan menyamarkan dehidrasi, namun tidak menghentikan diare. Jaga selalu kebersihan untuk mencegah penyebaran penyakit.

Semoga bermanfaat buat cat lovers semuanya... :)

Informasi ini di posting di fanpage IPK oleh. Sahabat Meong Mss Dede Feriza Kurniawan (Selasa, 6 Maret 2012), silahkan di share/re-posting. Jangan lupa share juga ya pengalaman-pengalaman Sahabat Meong selama ini, bisa tuliskan di bagian comment ^_^

Sedangkan ada pendapat yang lain juga mengenai mencret atau diare pada kucing:

yaitu penyebab diare adalah :


1.Makanannya diganti, sehingga kucing tidak terbiasa dengan makanan yang baru, cara mengatasi mencret atau diare yang sebabnya seperti ini adalah dengan mengembalikan jenis makanannya seperti semula.
2.Cuaca, pengaruh cuaca dapat menyebabkan kucing persia kesayangan anda menjadi mencret / diare. Jika penyebabnya ini maka langah penanganannya adalah, kucing dimasukkan kandang, lalu didalam kandangnya dikasi bolam lampu 5 watt agar hangat. Usahakan selama beberapa hari kucing banyak didalam kandang, tapi harus di cek juga, jangan sampai kucing persia atau anggora anda merasa kepanasan.

Nah itu dia artikel mengenai cara menangani kucing mencret atau diare , silakan mengunjungi juga artikel yang tak kalah menariknya, yaitu :  Susunan Kerangka Tulang Kucing
 

11 Comments

Anonim mengatakan...

sering nih kasus seperti ini muncul..dulu pernah kucing persia torti ku, mencret diare aku kasi lampu dikandangnya..ternyata karena makanannya ganti jadi mencret hahaha....akhirnya lancar lagi, bte nice info, makasih yah

Anonim mengatakan...

good info dech , bisa buat referensi

Anonim mengatakan...

iya kadang mencret ni si kucing .....

Anonim mengatakan...

makasih infonya, berguna amazing ,buat catlovers pecinta kucing nusantara

Anonim mengatakan...

ini pengetahuan wajib bagi pemilik kucing persia .....terima kasih , good share

Septyani Maulina mengatakan...

Mau tanya dong kalo anak kucing diare boleh disatukan dengan induknya gak ? Tp dia masih ada sodara2 nya yg lain satu induk mohon jawabaannya

Bayu Kurniawan mengatakan...

prsia ane mencret . ngga mau makan
solusinya gmn ya ?
mohon d jawab

ediyanto ginting mengatakan...

Dok mau tanya, saya baru adopt kucing 8 bln awalny poofny lembek lama2 kok jadi mencret, terus sy kasih obat dr petshop jd keras poofnya, tp besoknya mencret lagi, minta tolong solusinya dok?

kucing tidak mau makan mengatakan...

baca juga cara mengatasi kucing tidak mau makan bisa kunjungi maniakucing.com

harga makanan kucing mengatakan...

ternyata karena makanannya ganti jadi mencret hahaha....akhirnya lancar lagi, bte nice info, makasih yah

kucing mencret mengatakan...

kak, kucingku 3 hari ini mencret terus, saya curiga ke makanannya, padahal saya belikan yang agak mahal biar bulunya jadi mengembang dan bagus, tapi sekarang mencret dan buang airnya sembarangan tidak di tempatnya..
apa perlu ke dokter atau cuma ganti pakan ya??
padahal aku pengen bulunya jadi lebat dan bagus, apa ada saran?